Buka menu utama

Tolololpedia β

HowTo:Membuat Berita Hoax

(Dialihkan dari HowTo : Membuat Berita Hoax)


WARNING! ARTIKEL INI TIDAK BOLEH DIPRAKTEKKAN DAN HANYA UNTUK MENGETAHUI PROSES PEMBUATAN HOAX SAJA!!!


Tandatanya.jpg HowTo 
Artikel ini adalah bagian dari serial HowTo. Lihat lebih banyak HowTo
Salah satu tujuan utamanya

Di timeline Facebook, Twitter, dan berbagai media sosial sering sekali ditemukan berita hoax yang dishare orang idiot. Banyak sekali orang yang sering tertipu dengan informasi itu (termasuk Tolololpediawan). Tetapi, bahkan menipu orang itu tidak mudah. Ada bahan-bahan serta langkah yang harus diketahui dan disiapkan untuk membuat berita hoax yang baik dan benar (serta bisa membuat situs sumbernya banyak pengunjung).

Daftar isi

Alat dan BahanSunting

  • Otak yang Berfungsi (Wajib)

Otak adalah hal yang wajib dimiliki. Jika tidak, maka penulisan ini akan gagal total.

 
Fungsi orang idiot
  • Orang Idiot (Wajib)

Alat ini berfungsi untuk menyebarkan berita hoax yang dibuat. Umumnya orang-orang ini adalah orang awam yang tidak berpikir 2 kali sebelum membagikan artikel hoax. Bisa didapat di media sosial, terutama Facebook. Menurut mitos, orang idiot ini kecepatan pembagian artikelnya lebih cepat dari cahaya, meruntuhkan salah satu teori Einstein.

  • Akun Sosial Media (Rekomendasi)

Alat ini berfungsi sebagai media pembagian artikelnya. Bagian ini sangat recommended, karena dengan itu, maka penulis punya basis pembagian artikel hoaxnya. Akun medsos tidak terlalu diperlukan apabila situs yang digunakan untuk publikasi sudah cukup terkenal (Seperti Situs Jonru).

  • Website (Wajib)

Diusahakan menggunakan domain yang bukan .blogspot., .wordpress., apalagi .tumblr., dengan itu, informasi yang ditulis jauh terlihat lebih professional dan terpercaya.

 
allaliens.com dan voaliens ; Contoh penyebar hoax
  • Tokoh dalam Berita

Pastikan untuk menggunakan beberapa tokoh dunia nyata. Biasanya situs hoax memfitnah berbagai tokoh. Bisa tokoh politik, lingkungan, dan lainnya.

  • Gambar (Opsional)

Gunakan gambar dari google images yang cukup persuasif agar beritanya makin terasa real. Bila kurang persuasif...

  • Aplikasi Pengedit Gambar (Opsional)

...maka gunakanlah aplikasi pengedit gambar seperti Photoshop & PhotoScape. Pastikan penulis ahli dalam menggunakannya sehingga editannya berhasil.

  • Laptop/Komputer/HP (Wajib)

Pastikan keyboardnya masih berfungsi.

Langkah-langkahSunting

Pencarian Tema & TopikSunting

Ketika mencari tema ataupun topik, pastikan bahwa tema itu cukup menarik untuk dibahas. Jika topik itu sedang hot, maka makin bagus, apalagi jika tentang politik, agama, serta konspirasi [Insert evil here]. Ikutilah prinsip memberi berita yang masyarakat inginkan, misalnya memberikan berita bahwa "[Insert tokoh here] adalah antek [Insert evil here]". Dengan prinsip itu, maka dijamin pembacanya banyak.

Mengarang Tokoh dan KejadianSunting

Pilihlah tokoh yang cukup dikenal, bisa presiden, politikus, pemuka agama, selebriti, artis, dan lain-lain. Kejadiannya harus bombastis & mengundang perhatian, berita hoax yang baik dan benar selalu memberi konten yang dilebih-lebihkan/didramatisir seperti sinetron. Jangan lupa untuk memperhatikan rumus penulisan berita. Yaitu 5W1H (What, Why, When, Where, Who, dan How), dengan memperhatikan unsur itu, maka beritanya jauh lebih detail.

Mencari Gambar Sebagai IlustrasiSunting

 
Berita terkini: Sebuah UFO menghancurkan London

Gambar ini sangat berguna, seperti yang dikatakan berbagai Kaskuser, "no pic = hoax", artinya, bila tidak ada gambar. Maka berita yang ditulis bisa dipastikan hoax. Dengan ini apabila ada gambar, hoax yang ditulis akan (terlihat) semakin nyata. Dengan gambar bukti berita yang ditulis akan semakin nyata.

(Opsional) Mengedit GambarSunting

Yang ini cukup sulit, untuk mengeditnya, penulis berita harus pandai menggunakan software pengedit gambar. Tidak semua program gratis sehingga penulis kadang harus membajak dari beberapa website tertentu.

Menulis Informasi dalam BeritaSunting

Ketika menulis, pastikan untuk memperhatikan EyD (Ejaan yang Disempurnakan) Bahasa Indonesia. Jangan menulisnya dengan acak-acakan dan tampilannya harus bagus sehingga beritanya nyaman untuk dibaca orang idiot.

Penentuan JudulSunting

Judul sebaiknya bombastis (Ex.: Mengerikan! Ternyata [Insert people] itu Antek Wahyudi)!, bersifat menjelekkan nama orang lain, dan menaikkan nama orang lain secara dramatis, serta mencerminkan isi di dalam teks. Tentukanlah kalimat utama, ide pokok, serta gagasan utama setiap paragraf teks.

PublikasiSunting

Setelah beritanya selesai ditulis, maka saatnya publikasi. Beritanya sebaiknya di pos di media sosial yang banyak orang idiotnya, biasanya Facebook yang terbanyak. Jika dipublikasi di FB, jangan lupa untuk menulis "1 Like = 1 Pray" atau "Ignore = [Insert evil here]" atau bahkan "Yang nge-share semoga masuk surga"

PenyebaranSunting

Biarkan para idiot membaca beritamu dan menyebarkannya. Tetapi jangan lupa menyebarkan berita itu lewat fitur broadcast BBM, dan sertakan juga link beritanya di pesan berantai tersebut.

Mempertahankan Ke"Murni"anSunting

Nah, setelah ceritamu viral mungkin berbagai orang mulai mempertanyakan kebenarannya. Hal yang harus dilakukan ketika kebohongan itu terbongkar ialah dengan memberi argumen yang sama absurdnya dengan artikel Hoaxnya. Jika perlu, katakan bahwa mereka itu antek Illoeminasi, Dajjal, Rheumason dan Barney, lengkapi juga dengan cocoklogi semu.

Konsekuensi PenulisanSunting

Walaupun banyak sekali resikonya, yang paling besar adalah menjadi seperti Jonru (salah jokowi).


    Tulisan ini masih tulisan rintisan. Penulisnya keburu pergi sebelum selesai, mungkin karena penulisnya malas mengetik. Anda wajib membantu Tolololpedia untuk mengembangkannya.