Sulelongkorn (สมเต็จพระเจาสุเลลงกรณ์วรรมน RTGS : Somdet Phra Chao Sulelongkorn Varman) lahir di Laeng Thai 1788 BC (Belum Cebok), adalah pangeran dari Negeri Gajah Boker yang merupakan saudara haram pangeran Chulalongkorn. Namanya memang tidak tercantum dalam sejarah karena keberadaannya sebagai pangeran tidak diakui oleh kerajaan Siamang dan Ratchawong Chakri sebagai dinasti yang menguasai Thailand.

KelahiranSunting

Sulelongkorn lahir dari seorang selir Raja Mongkut yang bernama สรวิตวงศ์อริต (RTGS : Sorawit Wongarit) di sebuah kandang kuda, ketika sedang memberi makan kuda tiba-tiba ibunya bersin dan keluarlah Sulelongkorn. Oleh Raja Mongkut dia diberi nama Sulelongkorn karena kuda yang diberi makan ibunya memiliki kaki yang panjang.

Masa Kanak-kanakSunting

Masa kecil Sulelongkorn dihabiskan di sebuah hutan di daerah Suket karena kerajaan menolak mengakuinya akibat kelahirannya yang terjadi di kandang kuda dianggap sebuah aib. Oleh ayahnya dia di titipkan kepada seekor Monyet bernama Sung Bo Kong, namun karena Sun Bo Kong ikut bersama biksu Tong Sam Cong pergi ke barat, maka Sulelongkorn hidup sendirian.

Masa RemajaSunting

 
Sulelongkorn saat ditangkap pasukan China.

Setelah ditinggalkan oleh Sun Bo Kong, Sulelongkorn berkelana menjelajahi hutan dari Thailand, Laos, Kamboja, sampai Myanmar. Namun dia sempat ditawan pasukan China saat berada di daerah Nan Zhong atau Nanman gara-gara meludahi jenderal Ma Ling Seng hingga wajahnya jadi berantakan. Atas bantuan dari ayahnya Sulelongkorn akhirnya dibebaskan setelah ditukar dengan beras 2 kg dan daging Babi panggang 200 porsi.

Perseteruan dengan ChinaSunting

 
Wajah jenderal Ma Ling Seng yang terkena air liur Sulelongkorn.

Hubungan Thailand dan China sempat panas disebabkan oleh perbuatan Sulelongkorn. Ketika tengah bercekelana menjelajahi pedalaman Nan Zhong di Propinsi Yunan, tanpa sengaja dia meludahi wajah jenderal Ma Ling Seng yang membuat wajahnya hancur berantakan karena ternyata air liur Sulelongkorn mengandung Asam laknat 90%. Kaisar china yang tidak terima dengan perbuatan Sulelongkorn berniat menyerang Thailand karena merasa terhina.

Kembali ke IstanaSunting

Setelah mengahabiskan masa remajanya di hutan yang penuh suka, duka, sumpah serapah, dan penghinaan akhirnya Sulelongkorn kembali ke Istana. Namun keluarga istana tidak bisa langsung menerimanya karena mereka menganggap Sulelongkorn adalah makhluk jadi-jadian yang terdiri dari DNA Kambing, tikus got, dan makhluk sejenis Farhat Abbas. Sehingga mereka memberi syarat kepada Sulelongkorn supaya bisa diakui yakni membangun pasar yang mirip dengan pasar Sarkem, mendirikan Gedung Miring DPR bagi keluarga kerajaan, dan membuat pusat hiburan seperti Dollywood. Semua syarat itu dapat dia penuhi dalam satu malam, selidik punya selidik ternyata dia minta bantuan dari Bandung Bondowoso yang sukses membangun Candi Prambanan.

Masa DewasaSunting

Saat berusia 25 tahun dia diminta oleh sang ibu agar minta tahta diserahkan pada dirinya. Tetapi langkahnya tidaklah mulus karena saudaranya yakni pangeran Chulalongkorn menjadi saingan terberat karena mendapat dukungan spiritual dari Ki Joko Bodoh, dukungan financial dari Bill Gates, dukungan militer dari Kim Jong Un, serta koalisi Merah Putih yang dipimpin oleh Prabowo Subianto.